Binrohtal Rutin Batalyon A Pelopor Brimob Kaltim, Bentuk Karakter Anggota Polri yang Humanis

$rows[judul]

Porosnusantaranews,BALIKPAPAN - Satuan Brimob Polda Kaltim melaksanakan kegiatan kerohanian guna membentuk karakter anggota Polri khususnya personel Polres Batalyon A Pelopor yang religius dan berkepribadian baik, pada Kamis (4/7/2024) pagi. 


Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) sebagai wadah untuk membentuk karakter Anggota Polri menjadi lebih humanis, sehingga Citra Kepolisian di mata masyarakat dipandang lebih baik.


Komandan Batalyon A Pelopor Kompol Iwan Pamuji, S.H., M.H. mengatakan, kegiatan Binrohtal ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap minggu, kegiatan kerohanian ini dibagi berdasarkan agama masing-masing serta untuk pelaksanaannya bagi yang beragama Islam bertempat di Masjid As Salam Brimob dan bagi yang beragama Kristen dilaksanakan di Aula Brimob.


“Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini setiap minggunya, dapat membangun pondasi dalam diri setiap personel Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim dalam pelaksanaan tugas sebagai anggota Polri mengingat tugas anggota Polri sebagai pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat.” Jelas Kompol Iwan Pamuji.


“Kegiatan kerohanian rutin dilaksanakan setiap hari Kamis setelah apel pagi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga diharapkan anggota dalam menjalankan tugas di lapangan dapat dilakukan dengan cara-cara yang humanis dan beretika serta menjadi contoh yang baik buat masyarakat,” kata Kompol Iwan Pamuji.


Dalam kegiatan rutin setiap hari Kamis tersebut, rangkaian pelaksanaan kegiatan kerohanian bagi yang beragama Islam diawali dengan pembacaan Surat Yasin dan dilanjutkan dengan ceramah Agama Islam, sedangkan bagi yang beragama Kristen diawali dengan nyanyian pujian dan dilanjutkan dengan khutbah yang pimpin oleh Pendeta.


“Dengan ini personel menjadi lebih Humanis dan juga meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, yang mana dengan diadakan kegiatan ini maka moral serta kelakuan yang buruk bisa menjadi lebih baik,” ucap Kompol Iwan Pamuji.


Sementara itu Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Andy Rifai, SIK, MH menambahkan, “Binrohtal bertujuan positif, yakni berguna untuk memberikan siraman rohani dan moral kepada personil Polri. Dengan harapan sikap mental personil Polri yang baik akan menciptakan hasil pelaksanaan tugas yang baik dan bijaksana yang dapat dipertanggung-jawabkan, sehingga citra Polri akan semakin baik dimata masyarakat," tutupnya. (to) 

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)