Anggota DPRD Wiranata Oey Kembali Gelar Dialog Warga di Jalan Joko Tole Sumber RejoBanjir Masih Menjadi Kegelisahan Warga di RT 45 dan RT 58 Joko Tole Sumber Rejo

$rows[judul]

Porosnusantaranews,BALIKPAPAN – Puluhan warga di RT 45 dan 58 Kelurahan Sumber Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah mengikuti Dialog Warga yang digelar oleh anggota Komisi IV DPRD Kota Balikpapan, Wiranata Oey yang dilaksanakan di Jalan Joko Tole RT 45 Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah, pada Sabtu (29/6/2024) malam.


Dengan mengusung tema “Optimalisasi Peran Aktif Masyarakat Dalam Penanggulangan Bencana”. Wiranata Oey berharap Dialog Warga di RT 45 dan RT 58 terkait tentang penanggulangan bencana semoga dapat solusi yang baik. "Dengan diskusi dialog warga, adanya bencana kita bisa mengatasinya dengan baik," ujarnya.


Kegiatan ini dihadiri Sekcam Balikpapan Tengah Netty Musriani, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Balikpapan Bambang Subagyo, Seklur Sumber Rejo, Bhabinkamtibnas, serta Ketua RT 45 juga Ketua RT 58 Sumber Rejo dan puluhan warga Jalan Joko Tole RT 45 dan 58 Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah. 


Berbagai keluhan disampaikan mulai dari bencana banjir, infrakstruktur jalan, air bersih hingga pendidikan. Salah satunya warga RT 45, Heri menyampaikan, setiap hujan deras di wilayah belakang mushola terjadi banjir tinggi sekira 1 meter. 


"Banjir yang terjadi di belakang mushola penyebabnya ada penumpukan sampah, hingga air naik di depan rumah itu hampir 1 meter, sampah ikut larut sampai ke belakang jadi bingung juga untuk penanggulangannya karena semakin hari kalau setiap kali ada hujan semakin menumpuk sampah tersebut," ucapnya.


Juga ketua RT 45 Sumber Rejo, Puji mengungkapkan, gimana caranya menanggulangi masalah banjir jika hujan deras datang. 


"Walaupun hujan 1 jam saja itu di lingkungan saya dampaknya bisa sampai 8 rumah, bahkan kalau seandainya dua jam lebih itu sudah terhitung lagi nah itu yang saya pertanyakan gimana caranya menanggulangi masalah banjir apalagi dekat dengan aliran sungai," ungkap Puji. 


Menanggapi keluhan para warga tersebut, Wiranata Oey mengaku akan mencarikan solusinya. "Pertanyaan Pak Puji dan Pak Heri terkait banjir di RT 58 dan RT 45 Sumber Rejo Jalan Joko Tole, mudah-mudahan akan mengurangi banjir dengan rampungnya pengerjaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ampal," kata Wiranata Oey, yang disapa akrab Awi.


Ia juga menyampaikan, penyebabnya banjir di RT 45 dan RT 58 karena faktor tidak kemampuan drainase menampung curah hujan. Wiranata Oey berharap diusulkan ke Lurah Sumber Rejo mengenai drainase yang tidak memenuhi syarat karena tidak bisa menampung air hujan dan usulan tersebut nantinya di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang).


Awi juga menambahkan, diakhir dialog warga menyampaikan, bahwa di bulan Agustus tahun 2024 masa jabatan anggota DPRD Kota Balikpapan sudah berakhir, namun sebelum berakhir jabatannya, dirinya ingin memperjuangkan untuk Jalan Joko Tole tersebut. 


“Saya mau perjuangkan untuk Jalan Joko Tole dan selanjutnya silakan Pak RT-nya, bapak Ibu nanti minta bantu kepada anggota Dewan yang lain untuk memperjuangkannya. Jadi bukan tidak mau bantu Bapak-Ibu tapi sudah nggak bisa lagi, dan tadi sudah disampaikan pak Bambang kalau saya ini kan ingin membantu masyarakat bisa saya bantu,” ungkap politisi PDI Perjuangan. (*)

Tulis Komentar

(Tidak ditampilkan dikomentar)