Wali Jorong di Tiga Nagari Persiapan, Terima Honor Tidak Berdasarkan Perbup

Solok Selatan – Tiga belas wali jorong di tiga nagari persiapan pemekaran Kabupaten Solok Selatan, honor yang mereka terima tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.
Tiga nagari persiapan tersebut yaitu, Nagari Persiapan Balun Pakan Rabaa Tengah, Nagari Persiapan Batang Lolo kedua nagari persiapan ini pemekaran dari nagari Pakan Rabaa Tengah.Selanjudnya nagari persiapan Pakan Rabaa Selatan dimekarkan dari nagari Pakan Rabaa kecamatan Koto Parik Gadang Diataeh (KPGD).

Dikabupaten Solok Selatan terdapat 8 nagari yang diusulankan untuk pemekaran nagari, hingga berjalannya nagari persiapan pemekaran. Seluruh keuangan untuk nagari persiapan merupakan kewenangan oleh nagari induk untuk mengatur keuangan sesuai dengan aturan yang ada.

Hasil penelusuran media ini ke beberapa nagari (3 nagari) persiapan tersebut di atas tentang penghasilan tetap (siltap red) wali jorong, honor yang mereka terima masih beragam mulai dari Rp 600.000 hingga Rp.1.500.000,- pada hal penghasilan tetap wali jorong sudah diatur didalam Perbub.

Dari dalapan nagari persiapan hanya 3 nagari persiapan yang honor wali jorongnya, dibayar tidak sesuai dengan Perbup yang ada, sedangkan untuk 5 nagari lainnya tetap mengacu pada Peraturan Bupati.

Sementara Perbup yang mengatur yakni, Perbup No 43 tahun 2019.Tentang perubahan ke dua atas peraturan Bupati Solok Selatan No 4 th 2018 Tentang penghasilan tetap, penghasilan Tunjangan dan Jaminan Sosial bagi Wali Nagari, Perangkat Nagari,Staf Nagari dan Bamus Nagari.

Pada pasal 2 Ayat 2 huruf C sudah jelas berbunyi ” Kepala Urusan, Kepala Seksi,Wali Jorong sebesar Rp.2.025.000,- (dua juta dua puluh lima ribu rupiah) berlaku sejak Januari tahun 2020.”

Sementara Pj wali nagari Persiapan Balun Pakan Raba Tengah, Corndralismen,SPd, di dampingi dua orang wali jorong Erik Ade Chandra dan Indra Noprianto membenarkan bahwa honor yang mereka terima tidak sesuai dengan Perbup yang telah ada.

BACA JUGA :  Sandiaga Uno Gandeng Asprindo Kembangkan “Trend Wisata Dunia” 244 Desa Wisata Di Indonesia

” Semenjak nagari Persiapan Balun ini berdiri, honor yang kami terima sebesar Rp.1.500.000,- per bulan, kemudian keluar Perbub terbaru yang berlaku sejak awal tahun 2020, namun kami tetap menerima honor sebagai wali jorong sebesar Rp.1.500.000,- pada hal sesuai Perbup terbaru itu honor wali jorong sudah Rp 2.025.000,-.
Terangnya.

Senada Pj Wali Nagari Persiapan Batang Lolo Pakan Rabaa Tengah, Suryanto didampingi wali jorong Batang Lolo Ateh Wiliardi mengatakan hal sama seperti yang terjadi di nagari Balun Pakan Rabaa Tengah.

” Kita sudah sampaikan pada Wali Nagari Pakan Rabaa Tengah (nagari induk) tentang honor wali jorong di nagari persiapan ini namun tidak digubris oleh wali nagari Pakan Rabaa Tengah,” Terangnya.