Ketua IPSI Sumbar Fusi Bahar :Pencak Silat Ampuh Bentuk Karakter Anak Bangsa

Solok Selatan – Pencak silat terbukti efektif dapat membentuk karakter para generasi muda. Dalam pencak silat terkandung nilai moral yang tinggi sekalipun olahraga dan seni, namun mampu menuntun pribadi ke arah positif. Sehingga anak-anak bangsa tidak berbuat perilaku negatif atau tindakan yang melanggar hukum.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pengurus Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Provinsi Sumatera Barat Fauzi Bahar, sewaktu pelantikan pengurus IPSI Kabupaten Solok Selatan (Solsel) masa bakti 2020-2024 di aula kantor bupati setempat, Senin 8-2-2021.

“ Pencak silat merupakan olahraga seni bela diri yang mengandung pesan pesan moral yang tinggi, serta mampu membentuk karakter anak bangsa untuk selalu berpikir dan bertindak positif,” sebut Fauzi.

Dia mengungkapkan, IPSI Sumbar akan mengupayakan agar pencak silat masuk ke dalam program pendidikan di sekolah. Mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga ke jenjang sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA).

Dia juga mengatakan, seiring perkembangan zaman sangat berpengaruh kepada perilaku seseorang, kalau dulu kenakalan remaja hanya sekedar berpakaian tidak rapi, berambut yang gondrong dan suka bolos dari sekolah, sekarang ini perilaku seks menyimpang, narkoba dan pergaulan bebas tentunya menjadi ancaman bagi generasi dan harus diwaspadai dan dicegah.

“ Zaman serba canggih saat ini dunia kian berkembang. Ancaman untuk merusak generasi semakin beragam, narkoba, perilaku seks menyimpang, pergaulan bebas, semua harus diwaspadai dan dicegah,”tegas Fauzi Bahar.

” Melalui sini bela diri pencak silat dapat ditanamkan nilai nilai moral, jelas akan mampu membentuk karakter generasi muda untuk berpikir dan bertindak kearah positif,” imbuhnya.

Ditempat yang sama Zulkifli Bagindo Bungsu Tuo Sikek Pandeka Abai sangat berharap, dengan telah dilantiknya kepengurusan IPSI Solok Selatan hendaknya dapat merangkul Tuo Tuo Sikek yang ada di bumi Sarantau Sasurambi ini. Karena olahraga seni beladiri ini dapat memberdayakan generasi muda yang berkarakter yang terpuji serta berbudi luhur.

BACA JUGA :  DANLANAL RESMIKAN MUSEUM LANAL DUMAI

Dia berharap, pemerintah daerah dan DPRD dapat memberikan dukungan yang maksimal dalam pengembangan pencak silat di Solok Selatan. Dalam kesempatan yang sama, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Solok Selatan Putra Nusa, sangat menyambut baik gagasan Ketua IPSI Sumbar tersebut.

Dijelaskan Putra Nusa,Pemerintah Kabupatn Solok Selatan sangat mendukung keinginan IPSI. Untuk itu kita harapkan IPSI dapat hendaknya bersinergi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dalam menyusun rencana kegiatan serta program.

Dia berharap IPSI punya komitmen dalam melahirkan atlet yang berprestasi, karena daerah ini punya potensi luar biasa, tinggal dibina dengan baik, tutupnya. (dirman)**