DPRD Solsel Gelar Rapat Paripurna Pengusulan Pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Periode 2021 – 2024

Solok Selatan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solok Selatan (Solsel) – Sumbar menggelar rapat Paripurna usulan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan periode 2016-2021 dan pengumuman usulan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Solsel terpilih periode 2021-2024.

Ketua DPRD Solok Selatan,Zigo Rolanda mengatakan, usulan pemberhentian dan pengumuman usulan pengangkatan itu nanti akan disampaikan kepada menteri dalam Negeri melalui Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) hal tersebut disampaikan dalam rapat Paripurna, Senin 25/1/2021.

Dijelaskan Zigo sebelumnya, pada hari Minggu (24/1/2021) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan sudah menetapkan Pasangan Khairunnas – Yulian Efi sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. ” Tenggang waktu hanya 3 hari setelah ditetakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengusulkan pelantikan Bupati dan wakil Bupati terpilih,” jelasnya.

Dia menambahkan sesuai pasal 23 huruf (e) Peraturan Pemerintah nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Kabupaten mempunyai tugas dan kewenangan mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat untuk mendapatkan pengesahan pelantikan dan pemberhentian.

Ia melanjutkan pelantikan pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih diusulkan tanggal 22 Maret 2021, bertepatan dengan berakhirnya masa tugas Bupati periode 2016-2021. Sementara Sekretaris DPRD Solok Selatan Mardiana menambahkan surat usulan pemberhentian dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan akan disampaikan kepada Gubernur pada Selasa 26 Januari 2021 (hari ini). (dirman)*

BACA JUGA :  Tekan Penyabaran Covid-19, Koramil 02/Mp. Prapatan Gelar Ops Yustisi Bersama Tiga Pilar